Home Arsip BAYAHANYA SIFAT UJUB

BAYAHANYA SIFAT UJUB

by admin

Kita sebagai muslim haruslah selalu menjaga hati kita serta tingkah laku kita.agar kita semua menjadi orang orang yang disayang ALLAH dan di sayang oleh semua orang.ALLAH akan memberi petunjuk kepada orang orang yang dikehendaki.kita sebagai muslim janganlah mengharap sesuatu yang berlebihan tetapi kita sebagai muslim hendaklah melakukan sesuatu itu karena ALLAH SWT.serta ikhlas menjalankannya karena ALLAH SWT.Kalau kita bisa menjalankan semua perintah Allah dan ajaran yang disampaikan oleh Nabi kita Muhammad saw dengan penuh ikhlas sepenuh hati karena Allah.insyaallah akan jauh dari sifat ujub.
Dalam ALquran surat Al A’raf ayat 29 Allah Berfirman yang artinya:
“Katakanlah:Tuhanku memerintahkan aku berbuat adil (mengerjakankan segala rupa taat).dan katakanlah: “Hadapkanlah wajah-wajahmu pada tiap tiap kali sholat dan berdoalah kepada Nya dengan ikhlas patuh kepada Nya,sebagaimana dia telah menciptakan kamu pada permulaan (begitu pula) kamu akan kembali (kepada Nya)

Ujub adalah prilaku atau sifat yang mengagumi diri sendiri dan membaggakan dirinya sendiri serta merendahkan orang lain.sifat ujub ini sifat tercela yang harus dihindari oleh kita sebagai muslim yang beriman kepada Allah SWT, sebab sifat ujub ini bisa menimbulkan kesombongan.Allah berfirman dalam Al Quran surat Lkman ayat 18 yang artiya.”
Dan janganlah engkau memalingkan muka dari orang banyak,dan janganlah engkau berjalan di bumi dengan sombong ; Sesungguhnya Allah tidak suka kepada setiap orang yang congkak dan sombong.

Di dalam Al Quran Allah telah berpesan dan memberi pelajaran bagi kita untuk selalu rendah hati dan tidak sombong serta memamerkan kepandaian.sebab kepandaian yang kita punya hanyalah kepunyaan Allah.kita hanya dititipi amanah ilmu agar bisa menjaga dan mengamalkannya bukan memamerkan dan mencela orang lain, tetapi kita di beri Allah kepandaian untuk diamalkan dan diajarkan kepada semua orang yang membutuhkan dan berbagi ilmu, yang bisa mengajari yang tidak bisa, yang tidak bisa jangan takut untuk belajar.Belajarlah terus untuk menggapai kesuksesan tapi jangan lupa hindari sifat ujub agar bermanfaat ilmu kita dan tidak sia – sia.karena kalau sifat ujub itu dipelihara terus maka yang datang kemudhorotan.

Contoh sifat sifat ujub adalah
Memamerkan kepandaiannya yang dimilikinya
Selalu menunjukkan egonya kalau sesuatu keberhasilan dia yang memulai bukan orang lain. Memamerkan keturunannya yang baik. Selalu merendahkan orang lain dia yang paling bisa. Selalu memamerkan kekayaannya, atau sesuatu yang dibeli selalu dipamerkan.

Sifat ujub mendatangkan kemudharatan
Mudharat adalah kerugian atau bahaya.Jadi siapa yang mempunyai sifat ujub akan mendatangkan bahaya. Bahaya apa kalau kita masih memelihara sifat ujub:

Kita akan tidak disenangi semua orang disekitar kita.Pahala kebaikan kita akan hilang. Allah akan murka. Di Akhirat akan merugi

Maka dari itu kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah.dan menyadari bahwa diri kita ini hina dan berasal dari air mani dan segumpal darah.Allah berfirman dalam Al Quran surat Al- mu’minun ayat 12 -13 yang berbunyi:
Dan sungguh kami telah menciptakan manusia dari sari-sari tanah.( 12) Lalu kami jadikan dari air mani yang tersimpan dalam tempat yang kokoh
( Rahim) (13)
LAILI MUFIDAH
Paif.Kec.Wonokromo

You may also like

Leave a Comment

Follow by Email