Home Uncategorized BERSAMA DENGAN PULANGNYA MENTARI

BERSAMA DENGAN PULANGNYA MENTARI

by admin

Entah kenapa,hari ini matahari malu-malu tampakkan diri pada makhluk bumi. Sejak pagi hujan begitu ramah menyapa perjalanan tugas hingga tiba di kantor, semoga tidak drop lagi badan ini, mohon sehatkan kami semua ya Robb,

Ketika pulang, kembali cari Pak Becak untuk antar pulang, selain jarak ke tujuan dekat, kok rasanya pingin aja naik becak.

Saya : Pak….. Bisa antar saya ke Tambaksari?

Pak Becak : inggih Monggo, alhamdulilah plaris…..

(Plaris……..?) Batinku,”apa karena hujan seharian, Bpk becak tidak jalan ya? Pas akan mengayuh becaknya, beliau sebut asma Allah SWT terlebih dahulu dengan bacaan,”Basmalah,” . adem dengar Asma Allah diucapkan,”

Pas sudah sampai, kuambil lembaran uang untuk membayar, Bapak becak kembali memuji Asma Allah SWT,”alhamdulilah ya Allah ……. maturnuwun mbak,”

Menghadirkan Allah SWT dalam seluruh gerak langkah kita terkadang menjadi suatu hal yang tidak mudah, mungkin kita sangat fokus atas apa yang jadi tujuan usaha kita dalam mencapai tujuan maksimal apa yang kita kerjakan. Padahal jika dalam diam kita merenung, dimanapun kita berada dan apa yang kita kerjakan tidak lepas dari campur tangan Allah SWT. Karena Allah SWT yang memberikan taqdir kepada kita.

Qs. Saba ayat 26

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ

Katakanlah, “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia Yang Mahapemberi Keputusan, Maha Mengetahui.”

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

Baqarah ayat 153:

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

Mengingat Allah SWT dalam segala gerak hidup kita adalah wajib tanpa ada kata tawar. Hanya pada Allah SWT tempat kita bergantung. Tidak ada satu makhluk apapun di dunia ini yang bisa kita jadikan sandaran abadi. Segala kesulitan hidup pun, Allah SWT mampu memberikan jalan keluar yang justru kita tidak sangka sebelumnya. Seakan-akan itu menjadi surprise untuk kita yang mungkin kita sudah berada pada titik klimaks kelelahan hidup yang buat kita seakan-akan tidak mampu menyelesaikan. Tapi Allah hadirkan solusi disaat yang tepat karena Allah SWT tidak akan tinggalkan kita pada posisi yang menurut kita pada posisi terjepit. Maka kita bisa bersegera meminta kemudahan jalan dalam balutan doa-doa.

Al-Mu’min ayat 60 menjelaskan Allah SWT akan mengabulkan doa hambaNya.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖࣖࣖ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ

“Allah SWT senantiasa menolong hambaNya, selama ia suka menolong saudaranya.”
HR Muslim, 2699


Semoga ada banyak lagi bapak becak, yang mengawali dan mengakhiri pekerjaannya, selalu ingat dan memuji Allah SWT,

Marlichah Siti Cholidah
PAIF KECAMATAN SIMOKERTO

You may also like

Leave a Comment

Follow by Email