Home Artikel Tingkatkan Imunitas Menghadapi Covid 19

Tingkatkan Imunitas Menghadapi Covid 19

by admin

*Tingkatkan Imunitas Menghadapi COVID-19*

Oleh :A. Munhamir
PNPNS Simokerto

Penyakit karena virus, termasuk Virus Corona, bersifat self limited disease, penyakit yang sembuh sendiri, dengan catatan Imunitas tubuh kita baik.

Agar terhindar atau bisa sembuh dari infeksi Virus Corona, maka kita harus meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Ada dua cara yang bisa kita tempuh, secara medis dan spiritual.

Secara medis dengan istirahat yang cukup, tidur tidak terlalu larut malam, makan yang bergizi, minum air yang banyak, dan olahraga atau aktivitas ringan di rumah. Jika perlu, minum multivitamin.

Cara Spiritual Tingkatkan Imunitas
Selain itu, secara spiritual, kita bisa meningkatkan sistem imunitas dengan memperbanyak sedekah.

Berdasarkan studi oleh Jorge Moll dari National Institutes of Health, terbukti ketika seseorang melakukan donasi atau sedekah, beberapa area di otak yang terkait dengan kenyamanan, koneksi sosial, dan rasa percaya, turut aktif.

Sehingga menciptakan efek positif terhadap perasaannya, juga membuat otak melepaskan hormon endorfin, memproduksi hormon dopamin serta oksitosin yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi stres.

Memperbanyak istighfar, karena akan membuat hati bersih, yang pada perjalanannya akan meningkatkan sistem imunitas.

Juga selalu mengingat Allah, dengan berdzikir. Karena saat mengingat Allah, hati menjadi tenang, otak me-relesae hormon oksitosin yang akan meningkatkan sistem imun.

Itu seperti digambarkan Allah dalam Surat ar-Ra’du 28: (Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Juga Sabar terhadap semua skenario Allah ini. Sabar dalam arti tetap ber-ikhtiar melakukan langkah pencegahan. Sabar dan shalat sesungguhnya menjadi kunci utama peningkatan sistem imunitas, sesuai al-Quran Surat al-Baqarah 153:

“Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Sabar dan shalat sebagai penolong saat pandemi Corona, dengan cara apa? Salah satunya dengan cara meningkatkan imunitas tubuh kita.

You may also like

Leave a Comment

Follow by Email