Home Kegiatan Dzuhur Keliling: Penyuluh Agama Islam Bubutan Ingatkan Pentingnya Sabar di Bulan Ramadhan

Dzuhur Keliling: Penyuluh Agama Islam Bubutan Ingatkan Pentingnya Sabar di Bulan Ramadhan

by admin

POKJALUH SURABAYA-Penyuluh Agama Islam Kecamatan Bubutan Kota Surabaya lakukan Dzuhur Keliling di Masjid Al-Islah, Senin (25/03). Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Penyuluh Agama slam Kec. Bubutan setiap hari Senin minggu pertama usai sholat Dzuhur dengan keliling dari satu Masjid ke Masjid Lain. Kali ini bertempat di Masjid Al Ishlah yang diikuti kurang lebih sekitar 50 warga sekitar.

Dalam Dzuhur Keliling (Dzuring) Penyuluh Agama Islam Kec. Bubutan mengisinya dengan berikan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) usai sholat Dzuhur. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan untuk mempererat tali silaturrahim antar masyarakat dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Bubutan, sekaligus sebagai sarana informasi mengenai pelayanan-pelayanan di KUA yang tidak hanya terbatas tentang kepengurusan nikah saja tetapi juga muamalah lain seperti waqaf, haji, produk halal dan lain-lain. Dan yang tak kalah penting lagi untuk menjaga ukhuwah islamiyah

Disela-sela Dzuring, Para Penyuluh juga mengingatkan pesan pentingnya sabar dalam menjalankan ibadah puasa bagi seorang mukmin.

“Puasa merupakan salah satu upaya mendidik kita untuk menjadi orang sabar”, Kata Masykur salah satu Penyuluh Agama Islam Kec. Bubutan.

Dikatakannya, bulan puasa umat Islam dilatih untuk kuat dan sabar dalam menahan godaan dari hal-hal yang bisa mengurangi dan membatalkan puasa, karena puasa tidak hanya menahan haus dan lapar, tapi menjaga diri dari hal yang membatalkan dan mengurangi pahala puasa.

Lebih lanjut dijelaskanya, pintu ibadah adalah puasa karena dengan puasa umat Islam bisa menahan hawa nafsunya. “Dengan kita mampu mengontrol hawa nafsu, maka kita akan mudah menerapkan sikap ikhlas, tawadhu, qanaah dan wara`, guna meningkatkan kualitas hidup untuk menjadi insan yang bertakwa,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ustadz Masykur, Ustadzah Sholichah, Ustadzah Luluk Ihwana, Ustadz Alan, Ustadz Azis, Ustadz Saniman, Ustadz Thosim, Ustadz Ismail, Ustadzah ika, Ustadz Muhyi, Ustadz Rohman

Kepala Takmir Masjid Al Ishlah, Ustadz Farid mengucapkan terima kasih atas partisispasi dari Penyuluh Kec. Bubutan yang telah memberikan Dzuring pada semua Jama’ah yang sholat dzuhur.

“Jama’ah kami jadi diingatkan untuk lebih sabar  dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan kali ini dan yang tak kalah pentingnya selalu jaga kesehatan”

Slaah satu jamaah yang mengikuti Dzuring tersebut juga mengaku senang dan berharap kegiatan ini tetap berlanjut tidak hanya selama Ramadhan saja.

“Alhamdulillah, saya senang sekali rejeki saya bisa sholat disini bonus tausiyah sebagai muahasabah saya, semoga tetap berlanjut tidak hanya ramadhan saja”, ucap Pak Paidi salah satu jamaah Dzuring. (Ima)

You may also like

Leave a Comment

Follow by Email