Home Uncategorized MEMILIH PASANGAN HIDUP DUNIA AKHIRAT

MEMILIH PASANGAN HIDUP DUNIA AKHIRAT

by admin

src=”https://pokjaluhsurabaya.or.id/wp-content/uploads/2022/03/IMG_20220305_110529.jpg” alt=”” width=”223″ height=”221″ />
Menikah adalah ibadah . Bahkan bagi setiap manusia, pernikahan adalah suatu yang di idam-idamkan dan sangat diharapkan. Sebab, tujuan pernikahan dalam Islam adalah untuk memenuhi tuntutan hajat kemanusiaan hubungan antara laki laki dan perempuan dalam ikatan perkawinan untuk membentuk keluarga yang tentram (sakinah),cinta kasih (mawaddah) dan penuh Rahmah dan untuk melanjutkan keturunan serta menghindari zina yang sangat ditentang oleh Allah SWT sesuai dengan Firman Allah surat Al Isra’ ayat 32

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَـٰحِشَةًۭ وَسَآءَ سَبِيلًۭا ٣٢

Artinya ;
Dan janganlah kamu mendekati zina.sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. Oleh sebab itu untuk menghindari perbuatan zina,setiap manusia dianjurkan mengikuti sunnah Rasulullah SAW yaitu dengan melaksanakan nikah hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT (QS. An Nur :32)

وَأَنكِحُوا۟ ٱلْأَيَـٰمَىٰ مِنكُمْ وَٱلصَّـٰلِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا۟ فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌۭ

Artinya :
“Dan Kawinkanlah orang orang yang sendirian diantara kamu ,dan orang orang yang layak (berkawin) dari hamba hambah sahayamu yang laki laki dan hambah hambah sahayamu yang perempuan ,jika mereka miskin,Allah akan memampuhkan mereka dengan karuniaNya dan Allah maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.

Dan Sabda Nabi Muhammad SAW :
Artinya :
“Menikah adalah sunahku, barangsiapa tidak mengamalkan sunahku berarti bukan dari golonganku. Hendaklah kalian menikah, sungguh dengan jumlah kalian aku akan berbanyak-banyakkan umat.” (HR Ibnu Majah).

Pasangan yang kita pilih adalah orang yang akan menemani dalam suka maupun duka di sepanjang menjalani hidup bersama-sama sebagai suami istri.
Bagi seorang wanita, maka pilihlah suami yang bisa menjadi imam yang baik, membimbing kita ke jalan yang diridhoi Allah SWT. Jika seorang pria, maka pilihlah wanita orang baik dan patuh sehingga natinya apabila kita memilih pasangan hidup yag baik, pasangan hidup yang sholeh sholikha Insyaallah nantinya akan terwujud rumah tangga yang bahagia dan akan melahirkan keturanan yang sholeh sholikha dan berkwalitas.

Memilih pasangan yang dianjurkan Rasulullah SAW setidaknya ada 5 kriteria diantaranya yaitu :
Wanita biasanya dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya (keislamannya), sebab kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR Muslim)
Hadist tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih pasangan hidup.

1. Kekayaan
Kekayaan berupa harta benda memang sangat menarik untuk dijadikan alasan seseorang dalam memilih pasangan hidupnya. Meskipun harta bukan segalanya, namun jika memiliki harta setidaknya semua kebutuhan dapat terpenuhi. Selain itu, memiliki kekayaan akan memberikan kebahagian bagi seseorang di dunia. Harta bukanlah segalanya. Harta adalah titipan dari Allah SWT yang kapan saja bisa diambil dengan mudah. Maka dari itu, selagi kita memiliki harta yang cukup, berbagilah dengan mereka yang membutuhkan, bersedekahlah, dan banyak bersyukur.

2. Keturunan
Umat Islam dianjurkan memiliki keturunan yang baik dan memilih wanita yang subur agar mendapatkan keturunan. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan keturunan atau nasabnya.
“Nikahilah wanita yang penyayang dan subur. Karena aku berbangga dengan banyaknya umatku.” (HR Abu Dawud)

3. Paras
Memilih pasangan berdasarkan paras, tidak ada salahnya. Sebab, seseorang yang memiliki paras yang bagus, tentu akan memberikan ketenangan dan senang untuk dipandang. Memang, memiliki paras yang cantik atau ganteng tidak akan berlangsung lama, karena semua pasti akan mengalami perubahan seiring berjalannya usia. Tapi, dengan memiliki paras yang enak dipandang akan meningkatkan kepercayaan diri.

4. Agama
Ketika ketiga hal di atas tidak bisa kamu dapatkan, carilah pasangan yang selalu memperhatikan agamanya. Sebab, harta, keturunan, paras, bukanlah jaminan suatu kebahagiaan, tapi agama bisa menjadi pegangan yang kokoh untuk menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

وَلَا تَنكِحُوا۟ ٱلْمُشْرِكَـٰتِ حَتَّىٰ يُؤْمِنَّ ۚ وَلَأَمَةٌۭ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌۭ مِّن مُّشْرِكَةٍۢ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ ۗ وَلَا تُنكِحُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ حَتَّىٰ يُؤْمِنُوا۟ ۚ وَلَعَبْدٌۭ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌۭ مِّن مُّشْرِكٍۢ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ ۗ أُو۟لَـٰٓئِكَ يَدْعُونَ إِلَى ٱلنَّارِ ۖ وَٱللَّهُ يَدْعُوٓا۟ إِلَى ٱلْجَنَّةِ وَٱلْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِۦ ۖ وَيُبَيِّنُ ءَايَـٰتِهِۦ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ ٢٢١

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 221 yang artinya:
“Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.”

Dengan kita memilih pasangan hidup yang baik ajaran Agamanya,makan akan baik juga akhlaq dan budi pekertinya ,sehingga akan mampu menjelankan kewajibannya sebagai suami istri dan Insyaallah akan terwujud rumah tanggahyang sakinah mawaddah warahmah sesuai dengan apa yang diharapkan.

Ninis Hidayati
PAIF KECAMATAN WONOKROMO

You may also like

Leave a Comment

Follow by Email